KOREA TRIP - Hanbok Experience!

by - January 22, 2020


"Liburan ke Korea belum lengkap kalau belum cobain jalan-jalan pake Hanbok".

Aku sangat mengiyakan kalimat di atas! Kenapa begitu? Karena dua trip ke Korea sebelumnya aku cuma nyobain pakai hanbok di dalam ruangan aja. Jadi masih penasaran dan merasa belum puas aja gitu karna belum jalan-jalan ke luar pakai hanbok yang lucu-lucu. Hihihi... apalagi kalau kalian pecinta drakor sageuk (drama kolosal berlatar masa kerjaan), experience jalan-jalan pake hanbok ini wajib banget lah hukumnya!

Buat yang belum tau, hanbok adalah pakaian tradisional korea di masa dinasti Joseon. Namun beberapa orang korea sendiri masih menggunakan pakaian tradisional ini di event ertentu seperti perayaan adat atau pernikahan.
Nah, di Seoul sendiri ada beberapa area yang hanbok-friendly. Hanbok-friendly yang aku maksud disini adalah ada beberapa area favorit dimana banyak turis dan warga lokal mengunakan hanbok, jadi ngga malu gitu loh kalo jalan-jalan pake hanbok. Area tersebut diantaranya adalah Gyeongbokgung Palace dan Bukchon Hanok Village.

Gyeongbokgung Palace adalah istana utama kerajaan yang sudah berdiri sejak dinasti Joseon, saat ini fungsi palace ini sudah sebagai tempat wisata dan tempat shooting drama korea aja. Sementara Bukchon Hanok Village adalah area perumahan di Seoul yang bangunan-bangunan rumahnya masih berupa rumah tradisional korea.

Di sekitar dua area tersebut, banyak banget tempat penyewaan hanbok. Rate harganya pun bervariasi. Karena aku dan temanku itu tipe orang yang bakal pusing kalau milih tempat rental secara langsung, jadi kita memutuskan untuk sewa hanbok melalui aplikasi. Aplikasi yang kita pakai adalah KLOOK. Booking lewat aplikasi ini gampang banget, disitu kalian tinggal masuk ke destinasi negara South Korea, lalu search Hanbok Rental, nanti bakal banyak list rental hanbok yang bisa kalian pilih.


❤    ❤    ❤    ❤    ❤    ❤  ❤  ❤  ❤    ❤    ❤    ❤    ❤    ❤  ❤  ❤    ❤    ❤    ❤    ❤  ❤  ❤  ❤  

FLOWERY HANBOK 


Dari seluruh list hanbok rental yang muncul di KLOOK, aku pilih Flowery Hanbok.
Kenapa Flowery Hanbok?
lokasinya srategis
harganya relatif murah.
reviewnya cukup banyak dan bagus-bagus, aku juga cek page instagram Flowery Hanbok.
bisa booking H-1 penyewaan, ada beberapa tempat rental yang harus booking 3 hari bahkan seminggu sebelum penyewaan. 
Selesai bayar, kita dapat e-voucher berupa QR code yang nantinya akan di scan di saat kita datang ke tempat mereka.

Btw, kalau kalian mau booking pakai KLOOK juga, jangan lupa pakai refferal code aku pas download aplikasinya, kalian bakal dapet potongan sebesar IDR 45.000 :

REF CODE KLOOK : 5T08E

---------------------------------------------------

Salah satu hal yang paling aku suka dari Flowery Hanbok ini adalah lokasinya yang srategis dan mudah ditemukan. Jarak dari Flowery Hanbok ke Gyeongbokgung Palace ini deket banget, sekitar 10 menit kalau jalan kaki. Oh ya, dari aplikasi KLOOK mereka juga kasih kita direction berupa video "how to get there" dari stasiun terdekat.

Begitu datang, kita disambut oleh staffnya, mereka ramah banget dan yang paling penting they speak english very well. Selesai scan e-voucher, kita disuruh pilih loker, setelah itu mereka kasih kunci lokernya. Loker ini bisa kita gunakan untuk taroh barang-barang yang ngga mau kita bawa selama pakai hanbok. Nah setelah taroh barang di loker, kita diantar ke tempat display hanbok-hanboknya.
Jenis hanbok disini banyak banget, ada traditional hanbok, fusion hanbok (modern), ada juga wedding hanbok. Silakan sesuaikan dengan selera kalian! Beda jenis hanbok beda harga ya! 

How much it cost?
Kalian bisa cek sendiri di aplikasi KLOOK, karena harganya berubah-ubah sesuai promo yang tersedia. Sebagai gambaran, aku book fusion hanbok. Harga yang aku dapat saat itu adalah :
Rp. 217.871 ,- untuk 4 jam.
Paket yang aku pilih ini cuma hanboknya aja ya, belum termasuk hair-stylingphotographer, dan penyewaan aksesoris lain seperti tas. Kalau kalian mau sekalian ambil service lainnya tapi udah terlanjur book via KLOOK cuma untuk bajunya, bisa kok kalian tambah paket on the spot. Tinggal bilang ke staffnya aja!

Koleksi Fusion Hanbok untuk wanita

 Koleksi Traditional Hanbok & Hanbok untuk anak kecil perempuan

Koleksi hanbok untuk laki-laki

Wedding hanbok... gemes banget astagaaa..!!!

Saat fitting, staff disini bantuin kita pilih size yang sesuai, sebenernya hanboknya ini all size, cuma panjang roknya aja yang beda-beda. Lucky you kalau tinggi kalian sekitar 150-160cm, soalnya pilihannya buanyaaak banget.  Untuk yang punya tinggi badan seperti aku (164cm), pilihan hanboknya lebih banyak yang warna gelap, untuk warna pastelnya ngga begitu banyak :(
Tapi untunglah aku masih dapat yang aku suka, ya walau tetap ngatung hahaha.. Oh iya, disini kita cuma boleh fitting 2 hanbok aja ya! Kalau bingung, staffnya juga welcome banget kok buat bantu kita mix 'n match-in hanboknya.

Oh iya, Flowery Hanbok juga nyediain spot-spot foto indoor loh! Spot-spot foto ini FREE! Paket apapun yang kalian ambil, kalian tetep bisa foto-foto disitu.

Koleksi hair accessories di Flowery Hanbok 

Make-up room di Flowery Hanbok 

Contoh-contoh hair-syling di Flowery Hanbok

Rose backdrop, spot foto gemes di Flowery Hanbok

Spot foto indoor di Flowery Hanbok


❤    ❤    ❤    ❤    ❤    ❤  ❤  ❤  ❤    ❤    ❤    ❤    ❤    ❤  ❤  ❤    ❤    ❤    ❤    ❤  ❤  ❤  ❤  

GYEONGBOKGUNG PALACE

Menurutku, Gyeongbokgung Palace merupakan destinasi wajib kalau kalian ke Korea Selatan, soalnya tempat ini berasa banget authentic Korea Selatannya. Untuk masuk ke Gyeongbokgung Palace, kalian harus membayar tiket seharga ₩ 3.000 untuk orang dewasa dan ₩ 1.500 untuk anak-anak, tapi kalau kalian menggunakan hanbok, maka tiket masuknya FREE alias GRATISSSS! Seneng kaaan?

Gyeongbokgung Palace 

 Gyeongbokgung Palace area

 Gyeongbokgung Palace's gate

Gyeongbokgung Palace area 

Gyeongbokgung Palace

Asli! Jalan-jalan pakai hanbok di area Gyeongbokgung Palace ini seru banget, aku berasa ada di masa dinasti Joseon. Dan karena pakai baju cantik, aku jadi berasa seperti putri-putri kerjaan yang diperebutkan dua pangeran tampan di drama kolosal korea huahahaha...... *ngarep banget wey*

Ada beberapa spot di Gyeongbokgung Palace yang aku suka banget. Kalau kalian narsis dan suka foto-foto kaya aku, boleh lah dijadiin referensi.

Ginko Tree
Kalau masuk dari arah National Folk Museum of Korea, pasti bakal ngelewatin ni pohon ginko besar dengan daun-daun kuning yang sangat rimbun. Dahan-dahan pohon ini cukup rendah, jadinya bagus banget kalau foto disitu, ditambah lagi ada kursi di bawah pohon ini. Trust me ,you'll get a very nice shot! (pas autumn yaa tapii haha) 

 Ginko Tree di Gyeongbokgung Palace

Eee ada apa tu di bawah...?

 Ngadem dulu di bawah pohon ginko

 Gimanaaa... udah kaya princess-princess di dinasti Joseon belum?

Gyeongbokgung's Red Pillars Corridor
Nah kalo ini sih kayaknya kalian udah ngga asing lagi! Favorite spot buat semua turis! Foto-foto pakai hanbok di spot ini ngga akan pernah salah.


 tengah

samping kanan

 samping kiri

belakang


Ginko Tree *lagi* 
Masih dengan pohon Ginko, wkwkw gatau kenapa aku naksir banget sama pohon ini di waktu autumn, walaupun bau di sekitar pohon ini tuh agak gaenak gimanaaaa gituuu. Lokasi pohon ginko yang ini masih satu jalur sama pohon ginko sebelumnya, pokoknya kalau kalian masuk dari arah National Museum, area ini ada tepat di sebelum pintu masuk area istana. Ada di sebelah kiri. Yang paling aku suka dari lokasi ini yaitu aku bisa dapet background pohon ginko plus pegunungan. Cantik banget lah viewnya!

lagi ngelirik oppa oppa korea

kehabisan gaya

Gyeongbokgung Palace's Wall
Walaupun cuma tembok, tapi sekali lihat pasti orang-orang bakal notice kalau tembok ini adalah tembok tradisional korea. Aku suka banget pattern dan tekstur tembok ini! Khas korea banget! Karena spot ini hampir tersebar di sekeliling istana, jadi kalian ngga perlu khawatir bakal ngantri foto sama turis lain. Kalo rame tinggal cari spot lainnya aja.

oops! ketauan deh pake sneaker

suka banget sama spot ini 

 pose ala ala >,< 


 Jadi kita udah mirip princess-princess di dinasti Joseon belum?

Kira-kira kaya gini lah ekspresi kita kalo lagi rebutan spot foto...wkwk...

Janji! ini narsis yang terakhir...

Yaaass! Kurang lebih itu aja sih yang mau aku share di postingan kali ini. Kalau mau tanya-tanya atau nambahin info terkait per-hanbok-an ini boleh banget ya! Makasih udah mampir untuk baca postingan aku!
Semoga ada info bermanfaat yang bisa kalian dapat yaa setelah baca postingan ini yaa :)
See you on next post!

Xoxo,
Orin 

You May Also Like

0 comments